Rabu, 24 Agustus 2011

PERINTAH MEMBACA

Bulan Ramadhan dikenal juga dengan nama “Bulan Iqra’”, karena di bulan itulah diturunkan wahyu pertama Al-Quran yang membawa iqra’ atau perintah membaca. Sedemikian penting perintah ini sampai-sampai ia diulangi dua kali dalam rangkaian wahyu pertama (QS 96 :1 dan 3)

Boleh jadi ada yang heran, mengapa dan bagaimana perintah itu ditujukan kepada orang yang tidak pandai membaca suatu tulisan pun sampai akhir hayatnya. Namun, keheranan itu akan sirna jika disadari arti iqra’ atau disadari bahwa perintah itu tidak hanya ditujukan kepada pribadi Nabi Muhammad saw. tetapi juga untuk umat manusia seluruhnya.

Kata iqra’ diambil dari kata qara’a yang pada mulanya berarti ”menghimpun”. Dalam berbagai kamus dapat ditemukan beraneka ragam arti kata tersebut, antara lain, ”menyampaikan, menelaah, membaca, mendalami, meneliti, mengetahui ciri sesuatu,” dan sebagainya.

Iqra’!” demikian perintah Tuhan yang disampaikan oleh malaikat Jibril. Tetapi “ma aqra’? ”(apa yang harus saya baca?), demikian pertanyaan Nabi dalam suatu riwayat. Kita tidak menemukaan penjelasan tentang objek perintah tersebut dari redaksi wahyu pertama ini. Karena perintah membaca dalam redaksi wahyu di atas tidak dikaitkan satu objek tertentu. Dari sini dapat di simpulkan bahwa objeknya bersifat umum, mencakup segala sesuatu yang dapat di jangkau oleh kata ”baca” dengan makna-makna yang disebut di atas.

Membaca, menelaah, meneliti, menghimpun, mengetahui segala ciri sesuatu, termasuk alam raya, kitab suci, masyarakat, koran, majalah, dan apapun. Tetapi ingat, kesemuanya ini harus dikaitkaan dengan ”bismi rabbika” (demi karena Allah), seperti bunyi lanjutan perintah tersebut.

Kemudian sekali lagi iqra’ diperintahkan, tetapi pada yang kedua kali ini dirangkaikan dengan warabbuka al-akram (Tuhanmu Yang Maha Pemurah) – kemurahan-Nya tidak terbatas. Di sini Allah menjanjikan siapa pun yang membaca “demi karena Allah” maka ia akan memperoleh kemurahan anugerah-Nya berupa pengetahuan, pemahamaan, dan wawasan baru walaupun objek bacaannya sama.

Apa yang dijanjikan ini terbukti secara sangat jelas dalam ”membaca” ayat Al-Quran, yaitu dengan adanya penafsiran baru atau pengembangan pendapat terdahulu, walaupun ayat yang di baca itu-itu juga. Hal ini terbukti pula dalam hal ”membaca” alam raya dengan bermunculannya dari waktu ke waktu penemuan-penemuan baru.

Demikian perintah membaca merupakan perintah paling berharga yang pernah dan yang dapat diberikan kepada umat manusia.

Tidak berlebihan bila dikatakan bahwa ”membaca” adalah syarat utama guna membangun peradaban. Semakin mantap bacaan semakin tinggi pula peradaban, demikian pula sebaliknya. Tidak mustahil pada suatu ketika ”manusia” akan didefenisikan sebagai ”makhluk membaca”, suatu defenisi yang tidak kurang nilai kebenarannya dari defenisi-defenisi lainnya semacam ”makhluk sosial” atau ”makhluk berpikir”.

Kini, masalahnya, adakah minat baca dalam diri kita? Kalau ada, tersediakah bahan bacaan yang sesuai? Kalau tersedia, terjangkaukah oleh saku kita? Kalau terjangkau, apakah masih tersisa waktu untuk membaca?[]

Lentera Hati: M. Quraish Shihab

.........TERKAIT.........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...