Rabu, 02 November 2011

Hasil Penelitian Terbaru, Nilai IQ Dapat Berubah Di Usia Remaja

Tinggi rendahnya tingkat kecerdasan intelligence quotient (IQ) seseorang selama ini dianggap tidak akan berubah seumur hidup. Akan tetapi, untuk pertama kalinya para ilmuwan mengatakan bahwa nilai IQ dapat bertambah atau berkurang di usia remaja.

Dalam jurnal Nature, para ilmuwan dari University College London, Inggris, menyebutkan bahwa IQ seseorang, terutama pada remaja, dapat berubah. Dalam penelitian itu para ilmuwan menguji kecerdasan remaja, 19 remaja laki-laki dan 14 remaja perempuan usia 14 tahun, kemudian dites lagi di usia 18 tahun.
Tes yang dilakukan pada remaja itu merupakan kombinasi pemindaian otak dan tes IQ verbal dan non-verbal yang dilakukan pada tahun 2004 dan diulang pada tahun 2008. Hasilnya, ditemukan perubahan IQ dalam tes verbal pada 39 persen remaja dan nilai IQ spasial reasoning (tes kemampuan) pada 21 persen responden.
Para peneliti mengklaim, tes ini memiliki tingkat validitas yang besar karena untuk pertama kalinya diketahui variasi dalam nilai IQ yang berkorelasi dengan dua area otak yang berbeda.

Peningkatan nilai IQ dalam bidang verbal berhubungan dengan perkembangan kepadatan bagian otak sebelah kiri, yakni area yang aktif ketika seseorang berbicara. Sementara itu, peningkatan nilai IQ non-verbal berkaitan dengan peningkatan kepadatan di anterior cerebellum, yakni area yang berhubungan dengan gerakan tangan.

Dalam laporan penelitiannya, Profesor Cathy Price, ketua peneliti, menjelaskan bahwa hasil riset ini dapat menjadi bukti bahwa potensi kecerdasan seseorang dapat ditingkatkan.
"Selama ini kecerdasan anak-anak cenderung diukur di usia dini, tetapi hasil riset ini menunjukkan bahwa kecerdasan anak masih dapat berkembang. Para pendidik harus berhati-hati agar tidak menyebut seseorang kecerdasannya rendah di usia dini karena faktanya, IQ masih dapat meningkat beberapa tahun kemudian," katanya.
Meski penelitian ini tidak menjelaskan sebab akibat dari peningkatan IQ pada remaja tersebut, para peneliti menjelaskan bahwa kematangan para remaja tersebut mungkin terjadi pada usia yang berbeda.

Sumber: BBC

.........TERKAIT.........

2 komentar:

  1. ya iyalah, semakin banyak ilmu semakin banyak pengalaman ya jelas akan meningkat.

    BalasHapus
  2. Klo q tes IQ kok sering naik turun ya?? Apa aja sih faktor2 yang menyebabkan naik turunnya IQ seseorang??

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...