Selasa, 08 Februari 2011

Nah Lho, Sekolah yang Curang Isi Data Siswa akan Masuk Daftar Hitam!

MEDAN - Sekolah yang kedapatan curang atau tidak jujur dalam mengirimkan data siswa peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2011 melalui jalur undangan akan masuk daftar hitam.

"Kalau ada sekolah yang mengirimkan data tidak sesuai dengan yang sebenarnya akan 'di-black list', yakni dikenai sanksi tidak boleh mengirimkan siswanya tiga tahun berturut-turut untuk mengikuti SNMPTN melalui jalur undangan," kata Ketua Panitia Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2011 pada Universitas Negeri Medan (Unimed) Prof Selamet Triono di Medan, Jumat.

Ujian Nasional

Ia mengatakan, berdasarkan hasil rapat Majelis Rektor Perguruan Tinggi di Jakarta pada 4 November 2010, pelaksanaan SNMPTN tahun 2011 melalui dua jalur, yakni jalur undangan berdasarkan penjaringan prestasi dan jalur ujian tertulis/keterampilan.

Penerapan sistem ini juga berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 34 tahun 2010 tentang Pola Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi (PT) yang diselenggarakan secara nasional dalam bentuk SNMPTN 2011.

"Dalam penetapan kedua pola ini, Unimed tetap komit terhadap ketentuan dan peraturan yang berlaku, yakni 60 persen menerima mahasiswa melalui jalur nasional dan 40 persen melalui jalur lokal," katanya.

Mengenai jalur undangan, lanjutnya, pendaftaran dilakukan secara "online" yakni kepala sekolah mengisi data prestasi akademik siswa melalui internet dan memberikan nomor pendaftaran serta password yang didapatkan dari sistem kepada siswa pelamar.

Bagi pelajar yang telah didaftarkan oleh kepala sekolahnya, membayar uang pendaftaran ke Bank Mandiri dengan menunjukkan nomor pendaftaran. Kemudian dengan menggunakan nomor pendaftaran dan password pelamar bisa mengisi biodata, pilihan PTN dan program studi sekaligus mengunduh foto terbaru, mencetak kartu bukti pendaftaran melalui laman SNMPTN.

"Perlu dicatat bahwa kepala sekolah yang mendaftarkan siswanya harus benar-benar mengisi data prestasi siswanya dengan benar. Kalau sampai ketahuan curang, tanggung sendiri akibatnya, sekolah itu tidak akan diperkenankan mengirimkan siswanya melalui jalur undangan selama tiga tahun berturut-turut," katanya.

Ia mengatakan, berbeda dengan tahun sebelumnya, tahun ini panitia memberikan kesempatan kepada pelajar berprestasi dari sekolah berakreditasi C (cukup) kelas reguler mengikuti SNMPTN melalui jalur undangan.

Sebelumnya, jalur undangan ini hanya boleh diikuti oleh pelajar berprestasi dari sekolah berakreditasi A dan B. "Tahun ini panitia SNMPTN memberikan kesempatan sebesar 10 persen kepada pelajar yang memiliki prestasi akademik terbaik yang akreditasi sekolahnya kategori C. Pendaftaran sudah dimulai 1 Februari hingga 12 Maret 2011 dan pengumuman dilaksanakan 18 Mei 2011," katanya.

Red: Siwi Tri Puji B
Sumber: Antara

.........TERKAIT.........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...