Sabtu, 16 Juli 2011

10 Berurut Karakteristik Pemimpin Yang Dicintai

Dua profesor kepemimpinan dari Santa Clara University Amerika Serikat, James Kouzes dan Barry Posner secara rutin meneliti karakteristik pemimpin yang dicintai masyarakat.

Inilah hasilnya sesuai dengan urutan yang nyaris tak pernah berubah sejak 1981 hingga sekarang; kejujuran, memiliki pandangan ke depan, inspiratif, kompetensi, berpikiran adil, selalu siap membantu bila diperlukan, berpikiran luas, cerdas, terus terang, dan berani. Kejujuran menjadi jawara, mengalahkan faktor kompetensi, berpikiran luas, dan kecerdasan.

Mengapa kejujuran? Dituturkan oleh Kouzes dan Posner agar orang ketika mengikuti pemimpin dengan sukarela, apakah itu memasuki medan pertempuran atau memasuki ruang rapat birokrat, mereka mula-mula harus memastikan bahwa sang pemimpin layak mendapat kepercayaan mereka.

Mereka ingin pemimpinnya tulus dan etis. Kejujuran merupakan jawabannya. Sekaligus dengan karakter jujur menandakan bahwa pemimpin benar-benar akan melakukan apa yang dikhotbahkan sekaligus juga mengkhotbahkan apa yang dilakukan. Utuh dan satu padunya perbuatan dan perkataan (lazim pula disebut integritas) menjadi tuntunan dari sang pemimpin dalam berkarya.

Kouzes dan Posner tak hanya melakukan penelitian di Amerika saja. Mereka melangsungkan penelitian lintas negara, lintas geografis dan lintas jenis organisasi. Mengesampingkan warna kulit, menanggalkan cara menyebut nama Tuhan, menyingkirkan perbedaan paham politik. Semua tetap bermuara pada satu hal, kejujuran merupakan atribut kepemimpinan paling penting.

.........TERKAIT.........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...